MANFAAT MENULIS ARTIKEL
# Memperoleh pengakuan profesional dari kalangan profesinya.
# Memperdalam penguasaan bidang ilmu .
# Memperlancar peningkatan karir akademik atau jabatan -fungsinalnya..
# Berpartisipasi dalam penyebaran dan pengembangan ilmu..
JENIS ARTIKEL JURNAL ILMIAH
# Artikel hasil penelitian..
# Artikel non-penelitian (ulasan/teori) .
LANGKAH-LANGKAH PENULISAN
- Pengembangan gagasan..
- Perencanaan naskah .
- Pengembangan paragraf .
- Penulisan draft .
- Finalisasi .
1. PENGEMBANGAN GAGASAN
Wujud gagasan
- Hasil penelitian (artikel penelitian)
- hasil pemikiran (artikel non-penelitian)
Pertimbangan publikasi
- Cakupan keilmuan artikel (dari sangat aspesifik ke sangat umum)
- Aspirasi wawasan artikel (internasional,regional, nasional, kawasan, lokasi)
- sumbangan terhadap kemajuan ilmu (tinggi, sedang, rendah)
- Dampak ilmiah artikel (tinggi, sedang, rendah)
- Kualitas jenis sumber acuan (primer, skunder)
- Kemutakhiran pustaka acuan (proporsinya)
- Analisis dan sintesis (baik, cukup, kurang)
- Penyimpulan & generalisasi (baik, cukup, kurang)
2. PERENCANAAN PENULISAN NASKAH
Penulisan artikel ilmiah (pengungkapan gagasan)
- Rencana yang relatif matang
- Rencana yang memudahkan penulis
- Rencana yang dapat berubah
Jenis perencanaan
- Perencanaan gagasan (isi artikel)
- Perencanaan format dan teknik penulisan
Perencanaan gagasan (isi artikael)
- Pengembanmgan butir-butir gagasan artikel
- Tiga tingkat
@gagasan artikel > kerangka isi artikel
@gagasan bagian artikel>kerangka bagian isi artikel
@gagasan paragraf > kerangka isi paragraf
Kerangka isi artikel penelitian
- Judul
- Nama penulis
- Abstrak dan kata-kata kunci
- Pendahuluan
- Metode
- Hasil
- Bahasan
- Simpulan dan saran
- Daftar rujukan
- Lampiran ( jika ada)
Kerangka isi artikel non-penelitian
- Judul
- Nama penulis
- Abstrak dan kata-kata kunci
- Pendahuluan
- Bagian inti (diberi judul sesuaI dengan substansi)
- Penutup
- Daftar rujukan
- Lampiran-lampiran (jika ada)
Target perencanaan isi bagian artikel
- Jabaran spesifik (batasan tingkat spesifikasi)
- semakin spesifik semakin baik
- menandai kekhasan isi
Perencanaan format dan teknik penulissan
2. Aktifitas
- penentuan format
- penentuan teknik penulis
3. Format umum
- organisasi atau sistimatika
- teknik penulisan yang mencakup :
(a) teknik perujukan
(b) teknik penampilan tekstual & penampilan visual
- teknik pengetikan : indentasi, spasi, dan tata letak
FORMAT KHUSUS
* Format khas artikel tertentu (penelitian/konseptual)
* Format selingkuh (berlaku untuk jurnal tertentu)
Artikel hasil penelitian vs laporan penelitian resmi
Berisi hal-hal yang sangat penting saja (lebih efisien)
- pendahuluan (tanpa/dengan judul)
- metode
- hasil
- pembahasan
- kesimpulan
Sistematika lebih sederhana dan ringkas
- ada bagian tanpa judul
- ada bagian yang digabung
- teknik penulisan tanpa nomor atau huruf
- berbentuk esai bukan numerik
Prosedur penulisannya
- sebelum menulis laporan resmi
- setelah menulis laporan resmi
- satu-satunya laporan penelitian
Judul
- informatif
- lengkap
- tidak terlalu panjang atau terlalu pendek (5-15 kata)
- memuat variabel-variabel yang diteliti
Nama penulis
- tanpa disertai gelar akademik
- nama lembaga dituilis dicatatan kaki dihalaman pertama
- disertai alamat untuk kortespondensi
- jika lebih dari dua peneliti, nama peneliti utama; yang lain ditulis dicatatan kaki
Sponsor
- dicatatan kaki pada halaman pertama
- dicatatan akhir sebelum daftar rujukan
Abstrak dan kata kunci
- ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting
- memuat :
- masalah dan/atau tujuan penelitian
- prosedur penelitian
- ringkasan hasil penelitian
- ditulis dalam bahasa inggris untuk internet
- kata kunci memuat kata-kata pokok
- jumlah kata kunci sekitar 3-5
- kata kunci diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah
Pendahuluan
- biasanya tidak diberi judul
- memuat :
- latar belakang atau rasional penelitian
- landasan teori (kajian pustaka)
- wawasan rencana pemecahan masalah
- rumusan tujuan penelitian
Metode
- secara ringkas dalam bentuk alinea memuat
- desain penelitian
- populasi & sampel sumber data
- bagaimana data dikumpulkan
- bagaimana data dianalisis
Hasil
- bagian utama artikel ilmiah
- hasil bersih tanpa proses analisis data
- hasil pengujian hipotesis
- dapat disajikan dengan tabel atau grafik untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal
Pembahasan
- bagian terpenting bagi keseluruhan isi artikel ilmiah
- tujuan pembahasan adalah :
* menjawab masalah penelitian atau menunjukan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai
* menafsirkan hasil-hasil penelitian
*mengitergrasikan hasil-hasil penelitian kedalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan
*menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang ada
Kesimpulan dan implikasi/saran
- memuat jawaban atas pertanyaan penelitian dalam bentuk substantif
- dalam bentuk esai, bukan dalam bentuk numerikal
- memuat implikasi temuan penelitian dan/atau saran-saran yang mengacu kepada tindakan praktis, atau pengembangan teoritis, dan penelitian tujuan
Daftar rujukan
- harus lengkap sesuai dengan rujukan dalam teks
- tatacara penulisan daftar rujukan mengikuti gaya selingkung yang berlaku di jurnal yang bersangkutan
ARTIKEL NON-PENELITIAN
! Mencakup semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian :
- menelaah suatu teori
- mengembangkan suatu model
- mendeskripsikan fakta atau fenomena tertentu
- menilai suatu produk/publikasi
- cara penyajiannya didalam jurnal sangat bervariasi
selain itu ARTIKEL NON-PENELITIAN dapat juga dikatagorikan menjadi dua jenis :
- ARTIKEL ULASAN
- ARTIKEL TEORITIS
1.ARTIKEL ULASAN
Artikel yang mengevaluasi secara kritis suatu tulisan yang telah diterbitkan dengan cara mengkaji kemajuan penelitian mutakhir untuk memberikan penjelasan tentang permasalahan yang dikemukakan dalam tulisan tersebut
2.ARTIKEL TEORITIS
^ Mengajukan suatu teori berdasarkan hati-hati penelitian sebelumnya
^ Memperluas dan memperhalus devinisi konstruk-konstruk dalam teori berdasarkan telaah tentang perkembangan teori tersebut
^ penulis dapat mengajukan suatu teori baru atau teori yang ada dengan menyebutkan kelemahan dan keunggulan teori tersebut dibandingkan dengan teori lainnya
^penulis artikel teoritis juga dapat mengkaji konsistenal teori tersebut secara internal dan eksternal, yakni apakah teori tersebut secara internal ada kontradiksi atau apakah teori tersebut berkontrakdisi dengan hasil-hasil
PENGEMBANGAN PARAGRAF
HAKIKAT
- satuan bentuk pengungkap satu gagasan dasar
- satuan bentuk pengungkap struktural
- berisi satuan pikiran dalam sejumlah kalimat
- berisi suatu gagasan dari gagasan yang lebih besar
- berupa satuan teks terkecil yang berisi suatu gagasan dasar
PERSYARATAN
- utuh > satu gagasan dasar
- padu > keberkaitan antar komponen, antar kalimat
- terkembang > ada gagasan dasar dan gagasan pengembang
KOMPONEN
- gagasan dasar > kalimat topik
- gagasan pengembang > kalimat pengembang
GAGASAN PENGEMBANG
- fakta rincian
- contoh data statistik
- definisi analog
- ilustrasi perbandingan
- eksplanasi urutan kausalitas
- kualifikasi urutan peristiwa
STRUKTUR
- induktif : gagasan dasar> gagasan pengembang
- deduktif : gagasan pengembang > gagasan dasar
- kombinasi : gagasan dasar > gagasan pengembang > gagasan dasar
Contoh –contoh :
1. Masa depan sepak bola Indonesia sangat memprihatinkan. Kualitasbermain para pemain baik yang senior maupun yang yunior rendah. Kedisiplinan bermain juga rendah. Sportivitas tidak lagi dapat ditegakkan di lapangan. Pemain suka melanggar aturan permainan dan tidak menerima sanksi pelanggaran. Wasit tidak lagi berfungsi mengamankan dan mengatur permainan dan pemain, tetapi malahan sering mengacau permainan dan pemain.
2. Semangat serta kesungguhan hati guru sekolah dasar dalam mengajar dirasakan makin pudar karena kesejahteraan mereka terabaikan. Imbalan yang mereka terima rendah. Gaji mereka sering terlambat dan sering ada potongan-potongan untuk berbagai keperluan yang tidak dapat mereka pahami.
3. Siswa yang rajin belajar masih dapat ditemukan di mana-mana :di kota, di pinggir kota, dan di desa. Siswa yang berprestasi cukup banyak dan dapat ditemkan di mana-mana juga. Tidak sedikit di antara mereka yang peduli dengan keadaan lingkungan. Tampaknya, masa depan generasi penerus masih dapat diharapkan.
4. Belajar pada hakikatnya berlangsung sepanjang hayat. Sejak bayi anak sudah belajar. Sebelum bersekolah, anak-anak sudah belajar di dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya. Pada usia 6-12 tahun anak bersekolah di sekolah dasar. Demikian seterusnya. Setelah menyelesaikan sekolah, dia masih terus belajar,setidak-tidaknya belajar memecahkan masalah yang dihadapi setiap saat. Pendek kata, belajar itu tidak mengenal batas umur.
SEGI PENGEMBANGAN
Internal > pengembangan gagasan dasar ke dalam (sejumlah)gagasan pengembang
produk teks > paragraf yang berisi kalimat topik dan (sejumlah )kalimat pengembang
tahapan : 1.penentuan gagasan dasar
2.penentuan gagasn pengembang
3.penentuan strategi pengungkapan : induktif, deduktif, kombinasi
4.penulisan teks paragraf.
Eksternal
pembentukan paragraf dalam teks dikaitkan dengan paragraf yang lain.
dua alternatif status hubungan
setara : tidak ada paragraf atasan dan bawahan
bertingkat : ada paragraf atasan dan bawahan
Contoh (yang setara)
……………………………………………………………………………………………………….Pada tahapan pertama, benda-benda pencemar yang kasar dipisahkan dari arus air limbah yang dimaksudkan. Air yang tercemar mengalir melalui penyaring, kemudian masuk ke dalam ruang besar atau lazim disebut bak penampung. Benda-benda pencemar yang masih kasar yang terbawa mengendap dalam bak penampungan. Air yang tersebar itu kemudian mengalir terus kedalam tangki khusus,dan lumpur yang bercampur minyak mengendap dalam tangki itu dan dicerna oleh alat yang terdapat pada tangki pencerna.
Pada tahap kedua, Zat-zat organik dihancurkan dan dipisahkan dari air. Sementara air mengalir dari bak penampung ke dalam tangki, air sempat bercampur dengan udara. Proses ini menambah kadar oksigenke dalam air dan juga menambah mikroorganisme yang mencerna limbah yang tidak dapat dihancurkan dengan cara fisika. Kemudian, air mengalir ke dalam bak penampung yang kedua, tempat mengendapnya lumpur berminyak. Dari sini air mengalir ke dalam ruang klorinasi. Dalam proses ini, Zat klorin membunuh bakteri yang membahayakan kesehatan.
Contoh (yang bertingkat)
Membeli mobil baru itu memang menyenangkan, tetapi karena banyaknya model di pasaran yang harus dipilih, membuat keputusan akhir itu tidak mudah. Setelah membatasi pilihan sampai pada dua saja, seorang pembeli biasanya membuat persamaan dan perbandingan dua mobil yang dipilihnya itu, umpamanya Ford, Thunderbird, dan Volkswagon Rabbit.
Ford dan VW mempunyai beberapa persamaan. Kedua-duanya sangat menarik. Ford dapat mengangkut lima orang. Begitu juga VW. Tempat duduk kedua jenis mobil ini terbuat dari bahan yang baik dan halus. Di samping itu, Ford dan VW memberikan jaminan 12.000 mil.
PENULISAN DRAF
Tahapan aktivitas
- penataan butir-butir gagasan secara hirarkis dan sistimatis
- penyusunan draf paparan ekspositori
- membaca semua kartu catatan
- mempertimbangkan semu materi yang sudah dipersiapkan
- mempersiapkan kerangka tulissan
- menuliskan draf kasar tulisan
PENGUNGKAPAN VERBAL DAN VISUAL
Pengungkapan verbal
Bentuk : kata,frasa, kalimat, untaian kalimat, dan alinea
- Pengungkapan visual
bentuk : tabel, gambar, diagram.
fungsi : suplemen pengungkapan verbal (dirujuk dalam teks)
FINALISASI
REVISI
Berdasarkan hasil pemeriksaan ulang
Berdasarkan masukan teman sejawat
PENYUNTING
Oleh penulis
Oleh pihak lain
TERIMA KASIH
terima kasih atas info'nya....
BalasHapussangat membantu dalam penulisan artikel ilmiah saya,...
Benjamin Moore Titanium-R - Online store in the Google Store
BalasHapusDiscover and bet on Benjamin Moore's infiniti pro rainbow titanium flat iron online titanium 170 welder store titanium boiling point in the Google Play Store. ford focus titanium hatchback All latest ford edge titanium 2019 updates by Benjamin Moore!